Pengertian Komputer



                 Komputer ? Hampir semua orang tau akan alat elektronik tersebut. Di rumah, di kantor, di sekolah, atau di manapun saja pasti kita sering atau bahkan selalu menjumpai alat tersebut. Walaupun begitu, masih  banyak orang-orang yang tidak tau tentang komputer itu sendiri. Maka dari itu saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian komputer.

Apa itu komputer ?

         
Pengertian komputer
irpantips4u.blogspot.com
                  Komputer dalam bahasa Yunani adalah computare yang artinya memperhitungkan bersama-sama atau menghitung. Menurut bahasa Inggris "To Compute" yang artinya menghitung. Sedangkan menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology computer berarti orang-orang yang menghitung. Namun seiring berkembangnya zaman, pengertian komputer itu sendiri berubah-ubah sesuai teknologi yang ada. Misal dulu komputer ialah alat hitung. Tapi sekarang komputer sudah bisa diartikan sebagai alat yang bisa meringankan berbagai pekerjaan manusia.

                Secara luas, komputer dapat diartikan sebagai alat untuk mengolah informasi atau pengolah informasi. Menurut Wikipedia sendiri, komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sebelummnya. Secara bendawi, komputer berarti alat elektronik yyang mampu mmengolah berbagai macam informasi seperti teks, gambar atau yang lainnya yang menghasilkan output yang kita butuhkan.


                Dari penjabaran tadi kita dapat mengambil keputusan bahwa pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari komonen-komponen yang saling bekerja sama yang membentuk sistem kerja yang menghasilkan progam berdasarkan data yang ada.


Untuk menambah referensi, saya akan memberikan beberapa definisi komputer menurut para ahli.

1. Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah alat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menerima input, menyimmpan berbagai perintah, dan menyajikan output dalam bentuk informasi yang beragam.

2. Menurut Elias M. Awad, komputer adalah sebuah alat hitung yang mampu untuk memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data analog ataupun data digital.


3. Menurut Larry Long dan Lancy Long, komputer adalah alat hitung yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah berupa masukan, keluaran, perhitungan dan operasi logik lainnya.


4. Menurut Sanderes, komputer artinya sistem elektronik yang berkemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur supaya otomatis menerima dan menyimpan data yang diinput, memproses serta menghasilkan output dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas untuk mengawasi langkah-langkah instruksi program. Output tersebut lalu disimpan di dalam media penyimpanan yang ada.


5. Menurut William M. Fouri, komputer adalah alat pemroses data yang mampu melaksanakan perhitungan besar yang cepat, termasuk penghitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan dari manusia.


                Demikianlah beberapa pengertian tentang komputer, jika ada yang kurang, silahkan bisa mencari referensi-referensi yang baru agar kita dapat tambahan wawasan yang baru. Semoga apa yang saya tulis bisa sangat bermanfaat bagi anda pembca semuanya. Terima Kasih.

0 Response to "Pengertian Komputer"

Posting Komentar