Manfaat tersembunyi sayur brokoli bagi kesehatan dan kecantikan tubuh

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang sangat populer dikalangan orang diseluruh dunia. brokoli juga sering digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan. sayuran ini sebenarnya bisa dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu menjadi makanan. namun tahukah kamu cara terbaik untuk mengkonsumsi sayuran ini adalah memakannya dengan mentah karena dapat melindungi atau tanpa mengurangi nutrisi di dalamnya.
   Nilai gizi brokoli bagi kesehatan sangat luar biasa, Misalnya adalah protein, kalsium, pembangkit tenaga zat besi, karbohidrat, kromium, vitamin A dan vitamin C. brokoli juga mengandung phytochemical dan juga antioksidan yang mampu melawan berbagai macam penyakit dan infeksi bakteri maupun virus.
   inilah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan .

Manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh
sayur brokoli

  • Bertindak sebagai detoxifier kandungan asam amino sulfur dan vitamin C pada brokoli mampu membantu menghilangkan radikalbebas dan racun seperti asam urat.
  • Bersifat anti kanker. biasakanlah makan lebih banyak brokoli dan sayuran hijau lainnya karena mengandung phytochemical yaitu anti kanker. sebuah penelitian menunjukan bahwa brokoli mampu mengurangi resiko kanker, kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker paru-paru dan usus besar.
  • melancarkan pencernaan. brokoli kaya akan serat, yang akan membantu pencernaan kita dan dapat juga mencegah sembelit 
  • melindungi dari sinar UV. para peneliti dari beberapa Universitas menemukan senyawa baru pada brokoli yang mereka sebut dengan sulforaphane yang dapat mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang diakibatkan oleh paparan sinar Ultra Violet.
  • Menjaga penglihatan agar sehat. kandungan beta-karoten yang terdapat padsa sayuran brokoli berguna untuk melindungi mata dari degenerasi makula dan dapat mencegah katarak.
  • mencegah anemia. penyakit anemia sangat erat hubungannya dengan zat besi. pada sayuran brokoli anda dapat menambah jumlah zat besi jika mengkonsumsinya. kandungan lain seperti asam folat juga mampu mempertahankan kehamilan wanita agar janinnya dalam keadaan sehat. asam folat juga dapat mencegah spina bifida ( cacat saraf ) pada janin.
  • menurunkan resiko kolesterol, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. dalam 100 gr brokoli ditemukan banyak kandungan kromium dan potasium untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah. selain itu karotenoid lutein yang ditemukan di dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung.
  • diet berat badan menggunakan brokoli memang sangat efektif karena sangat rendah kalori. dalam 145 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu pola makan yang baik untuk orangt yang sedang diet.






itulah beberapa manfaat dari brokoliu yang mungkin belum anda ketahui. maka perbanyaklah makan sayuran hijau termasuk brokoli karena termasuk sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. namun juga anda harus seimbang dalam mengkonsumsinya.
semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat tersembunyi sayur brokoli bagi kesehatan dan kecantikan tubuh"

Posting Komentar