Tahukah Anda Jika RAM Memiliki Banyak Jenis ?

                  Bagi para pengguna komputer tentunya ingin mempunyai komputer yang lengkap dan baik. Salah satu yang diinginkan adalah komputer yang memiliki RAM baik dan berkapasitas besar. RAM yang kapasitasnya besar akan sangat membantu untuk menjalankan aplikasi yang memiliki spesifikasi besar. Itulah mengapa RAM sangat dibutuhkan. Karena peran RAM sangat vital, marilah kita sedikit membahas mengenai RAM.

Pengertian RAM

                  RAM (Random Access Memory) yaitu salah satu perangkat keras komputer yang menjadi media penyimpanan komputer. Namun penyimpanan ini bersifat sementara, artinya hanya akan menyimpan perintah-perintah yang sedang berjalan dan akan hilang ketika dimatikan. RAM yang banyak akan menambah kecepatan komputer dalam menjalankan perintah-perintah.

Macam-macam RAM

1. RAM


RAM
www.patartambunan.com
              RAM merupakan generasi pertama yang ditemukan pada tahun 1968 oleh Robert Dennard. Slot pin yang dimiiliki berjumlah 30 pin pada motherboard. RAM ini berjalan dengan tegangan 5.0 volt dan frekuensi 4,77 Mhz.


2. DRAM

DRAM
www.patartambunan.com
                 Dynamic RAM adalah RAM yang diciptakan tahun 1970 oleh IBM. DRAM memiliki karakter harus direfresh dengan pulsa listrik. DRAM memiliki frekuensi antara 4,77 sampai 40 Mhz.

3. SRAM

SRAM
tukshareaja.wordpress.com
                SRAM adalah memori yang digunakan sebagai cache memory. RAM ini lebih cepat daripada DRAM dan tidak perlu lagi merefresh.

4. FPM DRAM

FPM DRAM
www.pcrush.com
                  Fast Page Mode DRAM adalah perkembangan dari DRAM yang memiliki transfer data lebih cepat dalam satau row dari RAM sebelumnya. FPM bekerja pada frekuensi antara 16 sampai 66 Mhz. RAM ini ditemukan pada tahun 1987 dan memiliki 30 pin.

5. EDO RAM

EDO RAM
www.ebay.co.uk
                Extended Data Out RAM dibuat pertama kali pada tahun 1995. RAM ini merupakan perkembangan dari FPM RAM dan memiliki kecepatan yang tinggi. EDO memiliki 72 pin kaki dan bekerja pada frekuensi antara 33 sampai 75 Mhz. Namun EDO dan FPM tidak dapat dipasang secara bersamaan dikerenakan kinerjanya yang berbeda.

6. SDRAM

SDRAM
alienkomputer.com
                Syncrhronous DRAM diciptakan oleh Kingston pada tahun 1996-1997. SDRAM mmpunyai kecepatan data yang lebih cepat dibanding EDO RAM. RAM ini bekerja pada frekuensi 133 Mhz dengan kapasitas 32 MB dan mempunyai pin sebanyak 172. SDRAM memerlukan tegangan sebesar 3.3 volt agar dapat berjalan. RAM ini tak terganti-gantikan oleh RAM yang baru dan bertahan dari 1996 sampai 2001.

7. RD RAM

RD RAM
terunikblog.blogspot.com
                Rambus Dynamic RAM ditemukan oleh Rambus pada tahun 1999. RAM ini digunakan untuk Pentium 4 yang mmiliki kecepatan sangat tinggi. RAM ini mengunakan tegangan 2,5 volt untuk menjalankannya. RD RAM mngolah datanya dengan cara serial. RD RAM bekerja pada frekuensi 800 Mhz. Namun RAM ini jarang dan tidak umum digunakan.

8. DDR SDRAM

DDR SDRAM
www.pixmania.co.uk
                 Double Data Rate SDRAM dikembangkan dari SDRAM oleh Crucial pada tahun 2000 dan memiliki kemampuan dua kali lipat dari pada SDRAM. RAM ini mempunyai pin sejumlah 184 yang bekerja pada frekuensi antara 100 sampai 400 Mhz dan memerlukan tegangan 2.5 volt. Pertama kali digunakan pada kartu grafis AGP dan prosessor AMD Thunder Bird. 

9. DDR2 SDRAM

DDR2 SDRAM
motajedeequiposramonycajal.blogspot.com
                  Double Data Rate SDRAM merupakan pengembangan dari DDR dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat. Dan tentunya kemampuannya lebih tinggi.

10. DDR3 SDRAM

DDR3 SDRAM
imgkid.com
                  Double Data Rate SDRAM merupakan perkembangan dari DDR2 dan menghemat 16% daya dibanding DDR2. Pin yang digunakan sebanyak 240 pin dan bekerja pada frekuensi 400 sampai 800 Mhz. Produksi RAM ini dimulai ada pertengahan 2007, namun sudah diperkenalkan pada tahun 2005.

11. SO-DIMM

SO-DIMM
commons.wikimedia.org
                  Small Outline In-Line Memory Modul merupakan RAM yang digunakan pada notebook. RAM ini memiliki ukuran setengah lebih kecil dianding RAM komputer. Perkembangan RAM ini juga mengikuti perkembangan dari RAM komputer.

0 Response to "Tahukah Anda Jika RAM Memiliki Banyak Jenis ?"

Posting Komentar