Cara Mengatasi android hang dan lag

Cara Mengatasi Smartphone android yang nge-Hang
Kalian punya hp android? Jika ya pasti pernah ngerasain hal yang satu ini, Hang. Semua perangkat buatan manusia pastilah memiliki suatu kelemahan tak terkecuali pada handphone. Penyebab dari smartphone yang hang memang bermacam-macam. Nah oleh karena itu kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum anda menyalahkan produsen handphone anda karena HH yang anda gunakan sering hang atau menjadi lelet/Lag.

Cara Mengatasi Smartphone android yang nge-Hang
Android


Penyebab sebuah smartphone berbasis android sering mengalami hang :

1. Akibat kesalahan penggunanya sendiri. Yap kenapa saya cantumkan dinomor satu, karena hal yang paling sering pengguna smartphone lakukan adalah memaksakan beberapa aplikasi (Game/software) yang berat tanpa mengetahui kapasitas RAM smartphone-nya. Ini akan menyebabkan overload CPU & Ram android anda yang menyebabkannya menjadi lelet. Jika anda pernah atau masih mengalami hal ini lakukan cek kapasitas Ram dan kecepatan prosesor anda. Dan sebaiknya carilah game atau software yang tidak berat bagi handphone.

Untuk menghindari hal ini anda dapat melakukan pengurangan beban aplikasi dengan cara menghapus / tidak menginstall (Uninstall) aplikasi yang tidak digunakan. Karena semakin banyak aplikasi yang terinstal maka semakin berat pula beban yang dikerjakan oleh smartphone anda.


2. Anda pernah melihat 'out of memory' pada layar handphone anda?. Jika ya anda terlalu banyak menginstall aplikasi. Cara mengatasinya bisa dengan menguninstall apikasi seperti font changer, launcher dengan efek 3D, atau pun live wallpaper. Mungkin akan sayang jika dihapus tapi anda juga harus memikirkan dampak nya bagi smartphone anda. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi histori eraser. Setelah anda menginstallnya lalu buka dan pilih yang akan dihapus pada menu history eraser. Kamu dapat memilih 'clear all apps cache' atau pilihan lain yang ada pada menu.
Kemudian klik clean selected. Pastikan tidak mencentang file yang anda anggap masih berguna/penting.

3. Lakukanlah update sistem operasi anda. Dengan melakukan update pada sistem operasi anda akan memberikan kinerja yang lebih baik dari sistem operasi yang sebelumnya. Namun sebaiknya cek dulu spesifikasi sebelum kamu melakukan upgrade sistem operasi android.


4. menginstal aplikasi anda di memori eksternal. cara dapat juga dapat mengurangi hang pada ponsel anda. Namun android anda harus diroot terlebih dahulu.

5. Matikan lah fitur autorotate dan aotu brightness. dengan menggunakan fitur ini sistem kerja prosesor anda menjadi lebih berat. sehingga sebaiknya dimatikan saja untuk mengurangi lag pada handphone anda.


Nah itulah beberapa cara mengatasi handphone android anda yang sering nge-hang atau mengalami lag saat menjalankan aplikasi

1 Response to "Cara Mengatasi android hang dan lag"