Tersebar Berbagai Macam Komputer Di Dunia

                    Setelah pada pertemuan pertama kita telah membahas tentang pengertian komputer, maka kita akan melanjutkan dengan macam komputer. Semakin berkembangnya teknologi, memicu berkembangnya macam-macam komputer. Agar kita lebih memahami tentang macam-macam komputer, langsung saja kita bahas.


Macam-Macam Komputer
www.indokreasi.com



Macam-macam komputer menurut kegunaannya :

1. Special Purpose Computer

                    Komputer ini dirancang dan digunakan untuk keperluan-keperluan khusus. Tugas-tugas lain yang tidak sesuai dengan tujuan dari komputer ini tidak akan bisa dilakukan. Komputer ini biasanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan bisnis. Contoh dari komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk keperluan pengendali mesin produksi.

2. General Purpose Computer

                    Komputer ini adalah komputer yang dirancang dan digunakan untuk keperluan umum. Ini sangat cocok bagi kalangan yang hanya ingin menggunakan komputer saja. Contoh dari komputer ini adalah komputer yang biasa kita gunakan sehari-sehari.

Macam-macam komputer menurut cara kerjanya :

1. Komputer Analog

                    Komputer analog adalah alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level ini adalah lawan dari level digital. Yang dimaksud level digital adalah level tegangan high dan low yang digunakan dalam mengimplementasikan berbagai bilangan biner. Inti dari komputer ini adalah operational amplifier.

2. Komputer Digital

                    Komputer digital adalah komputer yang mengolah data kuantitatif dalam bentuk huruf, angka maupun tanda baca lainnya. Dan data ini dikonversikan menjadi data dalam bentuk bilangan biner. Komputer ini memiliki kecepatan transfer data yang tinggi yang mampu memaksimalkan pekerjaan.

3. Komputer Hybrid

                    Komputer hybrid adalah komputer yang terbentuk dari penggabungan antara komputer digital dan analog. Komputer ini bekerja dengan cara menghasilkan data kualitatif dari data kuantitatif dan sebaliknya.

Macam-macam komputer berdsarkan kapasitasnya :

1. Micro Computer

                    Micro computer adalah komputer yang menggunakan mikroprosessor sebagai CPU utamanya. Komputer ini lebih kita kenal dengan istilah PC (Personal Computer). Micro computer ada dua jenis yaitu komputer desktop yang biasa diletakkan di atas meja dan komputer laptop yang bisa dibawa ke mana-mana. Komputer ini dapat menjalankan informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, 16-bit, 32-bit, dan 64-bit.

2. Mini Computer

                   Mini computer adalah komputer yang kemampuannya lebih baik dari micro computer. Kemampuan prosessornyapun juga lebih unggul dibanding micro computer. Ukurunnya dapat sebesar lemari tapi tidak sebesar komputer mainframe. Dapat melayani multiuser juga salah satu keunggulan dari komputer ini. Contoh dari mini computer adalahh IBM System/370.

3. Mainframe Computer

                    Mainframe computer adalah komputer yang lebih unggul dari komputer tadi dan memiliki CPU serta storage device yang besarnya dua lemari. Dan disambungkan dengan banyak terminal sesuai kebutuhan. Komputer ini ditujukan untuk multiuser. Komputer ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang.

4. Super Computer

                   Super computer adalah komputer yang memiliki kecepatan data yang sangat tinggi. Dan komputer ini digunakan oleh negara-negara atau perusahaan yang sangat besar. Contohnya digunakan untuk perusahaan pesawat terbang. Harganyapun sangat mahal, sehingga harus mendapat persetujuan dari prsiden.Cray-2 adalah contoh dari komputer ini.

0 Response to "Tersebar Berbagai Macam Komputer Di Dunia"

Posting Komentar