Apa Itu Jaringan Komputer ? Dan Apa Manfaatnya ?

                    Banyak orang yang hanya mengetahui tentang komputer, tapi tidak tahu tentang apa saja yang mendukung terbentunya komputer itu sendiri. Seperti halnya Jaringan Komputer. Mungkin orang-orang yang hanya menggunakan komputer tidak ingin tahu tentang jaringan komputer. Yang penting bagi mereka adalah dapat menggunakannya dengan baik. Alhasil ketika ada suatu hal yang tidak berjalan dengan semestinya, maka langsung memanggil teknisi. Padahal hal itu merupakan perilaku membuang-buang uang.
                  Jika kita tahu tentang seluk beluk yang ada di dunia komputer, maka kita tidak harus memanggil teknisi. Nah, untuk itu sekarang saya akan membagi salah satu pengetahuan komputer tentang pengertian Jaringan Komputer.

                   Jaringan komputer yaitu kesatuan dari beberapa komputer yang mempunyai sistem  operasi, dan saling terhubung dengan kabel-kabel atu tanpa kabel agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Dan sekaligus untuk mengatur letak dan posisi dari komputer-komputer agar tidak berantakan. Dan juga mengurangi resiko kerja bagi penggunanya.


Apa Itu Jaringan Komputer ? Dan Apa Manfaatnya ?
www.it-artikel.com
Dan untuk manfaat lain dari jaringan komputer adalah sebagai berikut :

1. Berbagi/sharing file

                    Kita sering ribet jika ingin meminta ataupun memberi file ke komputer lain. Cabut, pasang, copy dan paste berulang-ulang harus kita lakukan demi memindahkan file. Dengan adanya jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, kita dapat memindahkan file dengan satu proses saja. Itu sangat menghemat waktu kita untuk melakukan hal yang lain.

2. Untuk berkomunikasi

                    Kita mampu untuk chatting sesama pengguna komputer di suatu jaringan komputer. Untuk pengguna yang jaraknya lumayan jauh, kita bisa menghemat waktu untuk saling berkomunikasi.

3. Berbagi/sharing perangkat

                   Jika kita punya satu printer dan banyak yang ingin menggunakannya, maka kita tidak perlu untuk antri untuk menyambungkan kabel printer. Tapi cukup satu saja komputer yang terhubung dengan printer. maka komputer lain yang terhubung dalam jaringan bisa menggunakan printer semua dengan printer sharing yang ada di Control Panel.

4. Bermain game multiplayer

                  Dengan terhubung jaringan, kita dapat saling bermain game bersama-sama di komputer masing-masing. Miisal saja game Counter Strike. Kita bisa bermain dengan cara salah satu komputer menjadi server dan komputer lain sebagai client. Hal tersebut membuat kita bisa rame-rame bermain game.

5. Untuk keamanan data

                 Dengan dijadikan satu jaringan, maka administrator dapat mengatur dengan mudah pengguna komputer agar tidak bisa mengakses data yang dianggap rahasia yang tersimpan di salah satu komputer. Dengan begitu data akan lebih aman.

                Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan ke pembaca semua. Di lain kesempatan saya akan memberikan berbagai hal yang lebih menarik. Jangan lupa kritik serta sarannya agar membangun untuk sesama. Like, share dn bergabunglah dengan blog saya.  

0 Response to "Apa Itu Jaringan Komputer ? Dan Apa Manfaatnya ?"

Posting Komentar