Mengenal Port Komputer Yang Bermacam Rupa

                   Dalam pertemuan kita yang sebelumnya, sering kita mendengar kata port ini dan itu tetapi tidak tahu apa maksudnya. Ya memang ada beberapa yang sudah tahu, namun tidak sedikit yang belum tahu. Maka dari itulah pertemuan saat ini saya akan membahas pengertian dan macam-macam dari port pada komputer.

Pengertian Port Komputer

                    Port adalah colokan yang ada di belakang maupun di depan CPU yang digunakan sebagai penghubung peralatan input dan output. Seperti mouse, keyboard, printer, speaker dan lainnnya. Oleh sebab itu port sangatlah penting atupun vital bagi suatu sistem komputer.

Macam-macam Port Komputer

1. Port Power Supply


Port Power Supply
fitrianaratnan.wordpress.com
                   Port power supply (PSU) digunakan untuk menhubungkan antara listrik di rumah kita dengan power supply. Port PSU sangatlah penting mengingat peran PSU adalah mengaliri listrik ke dalam PC. Tanpa listrik PC tidak akan mampu untuk bekerja.

2. Port Serial



Port Serial
blogs.unpas.ac.id
                 Port serial adalah port yang digunakan untuk menghubungkan piranti seperti mouse, joystick dan lainnya. Ciri-ciri serial mempunyai 9 pin untuk COM1/COM3 dan 25 pin untuk COM2/COM4.

3. Port PS/2


Port PS/2
www.computerports.net
                   PS/2 digunakan sebagai penghubung perangkat keyboard dan mouse pada komputer jenis ATX. Port ini masih banyak digunakan walaupun mulai digantikan oleh USB.

4. Port VGA



Port VGA
ctcolumbia.technology-solved.com


                 VGA digunakan untuk menghubungkan CPU dengan monitor, proyektor, TV Tunner dan lainnya. Dan juga mentransfer data visual dari CPU ke alat-alat tadi yang disebutkan.

5. Port Paralel


Port Paralel
arisuhendibelajar.blogspot.com
                   Port paralel digunakan untuk menghubungkan perangkat yang mempunyai perpindahan data yang banyak, misal printer paralel, zip drive, harddisk ekstenal dan perangkat paralel lainnya. Hal tersebut dikarenakan port ini memiliki kecepatan transfer data 200 kb/s. Ciri-ciri dari paralel mempunyai pin sejumlah 25 pin.

6. Port LAN RJ45


Port LAN RJ45
kandimazu.wordpress.com
                   Port LAN digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan tipe UTP atau STP yang mempunyai konektor RJ45. Sehingga komputer dapat terhubung dengan jaringan komputer maupun internet.

7. Port Sound Card



Port Sound Card
manual.audacityteam.org
                 Port ini terdiri dari port line in (biru) untuk menhubungkan dengan tape recorder, line out (hijau) menghubungkan dengan speaker, dan mic (merah) menghubungkan dengan microphone.

8. Port HDMI



Port HDMI
qoudit.blogspot.com
                HDMI biasa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh data audio/video seperti video game, televisi digital dan lainnya.

9. Port USB





Port USB
www.ehow.com
                Port USB menjadi port yang sangat populer dikarenakan kecepatan transfer datanya sangat cepat. Selain itu juga, port USB sangat mudah untuk plug n playnya. Karena bisa langsung terhubung jika di tancapkan. Biasanya digunakan untuk perangkat flash disk, keyboard, mouse dan masih banyak lagi.

10. Port Modem Line Telepon


Port Modem Line Telepon
global-tugas.blogspot.com
                  Digunakan untuk menghubungkan ke jaringan internet yang menggunakan modem dial up.

0 Response to "Mengenal Port Komputer Yang Bermacam Rupa"

Posting Komentar