Arti Sebenarnya Software Komputer

                    Jika kita berbicara tentang komputer, pasti tidak jauh dari yang namanya Software. Dari setiap orang yang menggunakan komputer pasti tahu tentang istilah Software. Walaupun begitu, kebanyakan dari mereka tidak tahu persis apakah arti sebenarnya dari Software tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Pengertian Software Komputer.


Arti Sebenarnya Software Komputer
tithyrhenatan.blogspot.com
                    Software (perangkat lunak) adalah program yang dibentuk dengan sistematis agar mencapai suatu tujuan. Software sangat penting keberadaannya karena menjadi satu rangkaian pada suatu sistem komputer. Software berbeda dengan Hardware. Jika Hardware dapat dilihat sekaligus disentuh, maka Software bisa dilihat tetapi tidak dapat disentuh.

                    Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang diciptakan ke dalam komputer untuk menjembatani interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Selain itu, Software merupakan program yang digunakan sebagai alat untuk menjalankan perintah yang dimasukkan.

Jenis-jenis dari Software itu sendiri adalah sebagai berikut :

1. Sistem Operasi (Operating System)

                    Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang mengatur seluruh proses data yang masuk ke dalam komputer. Sistem operasi juga merupakan Software induk yang menjembatani antara pengguna dan Software Aplikasi. Sistem operasi memiliki banyak jenis dan banyak merk.

Contoh : Windows, Linux, Unix, Mac OS dan lainnya.

2. Program Aplikasi (Application Program)

                    Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk suatu kebutuhan pengguna. Program aplikasi dibagi menjadi banyak jenis sesuai kegunaannya. Diantaranya :


- Program Aplikasi Pengolah Kata
   . Microsoft Office Word
   . Libre Office
   . Dan lainnya

- Program Aplikasi Pengolah Gambar
   . Paint
   . Corel Draw
   . Dan lainnya

- Program Aplikasi Pengolah Video
   . Windows Movie Maker
   . Avidemux
   . Dan lainnya

3. Bahasa Pemrograman

                    Suatu program aplikasi dibentuk oleh Bahasa Pemrograman. Bahasa pemrograman adalah mengkonversikan perintah algoritma yang diberikan kepada komputer agar dapat menjalankan tugas.

Contoh : PHP, Java, C++ dan lainnya.

4. Device Driver

                    Driver adalah software yang menjembatani antara perangkat keras dengan komputer. Beberapa perangkat keras tidak dapat berfungsi tanpa adanya driver. Maka sangat penting suatu komputer diinstall suatu driver.

Contoh : Driver printer, Driver modem dan lainnya.

5. Utility

                   Utility adalah perangkat lunak tambahan tang digunakan untuk kerjaa tertentu, misalnya mengecek masalah atau kerusakan pada komputer.

Contoh : Norton Utility dan lainnya.

                    Inilah beberapa ilmu yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya, serta like, share dan join dengan blog saya.

0 Response to "Arti Sebenarnya Software Komputer"

Posting Komentar