Aneka Ragam Keyboard Komputer

                   Di artikel pengertian Hardware, kita telah mempelajari pengertian dari keyboard. Nah sekarang saatnya untuk mengenali macamnya. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong keyboard menjadi bervariasi. Sebagai orang yang mengikuti perkembangan zaman, kita harus mengatuhianya. Oke langsung saja.

Macam keyboard berdasarkan port konektornya :

1. Keyboard Serial


Keyboard Serial
www.recycledgoods.com
                  Keyboard serial merupakan keyboard yang memiliki konektor tipe serial yang digunakan pada komputer AT. Yang di mana sudah jarang digunakan karena faktor uzur. Dan produksinya juga sudah dihentikan.

2. Keyboard PS/2


Keyboard PS/2
www.ifhc.org.br
                    PS/2 adalah tipe keyboard dengan memakai port PS/2 diujung kabelnya. Tipe ini masih lumayan banyak yang menggunakan dikarenakan komputer ATX masih diproduksi. Untuk membedakan dengan mouse, port keyboard diberi warna ungu. Jangan sampai salah denga port mouse yang hijau.

3. Keyboard USB



Keyboard USB
www.tigerdirect.com
                 Keyboard ini merupakan jenis keyboard berport USB yang sangat cocok digunakan untuk komputer modern. Di mana mempunyai kecepatan transfer data yang cepat dan mengoptimlkan kinerja komputer. USB memang sudah menjadi port paling fleksibel.

4. Keyboard Wireless


Keyboard Wireless
www.kaskus.co.id
                   Yang satu ini sebenarnya sama dengan USB, tetapi memakai media nirkabel. Dengan begitu kita bisa menggunakannya dengan jarak jauh. Namun harganya sangatlah mahal dan kurang diminitai oleh pengguna komputer.

Macam keyboard berdasarkan susunan tombolnya :

1. Keyboard Qwerty



Keyboard Qwerty
blog.xkcd.com
                 Qwerty pertama kali diciptakan pada tahun 1878 oleh Scholes, Glidden dan Soule. Sekitar tahun 1905, qwerty dijadikan standar tik komersial. Nama qwerty diambil dari susunan kedua keyboard alfanumerik yang bertuliskan qwerty. Tatanannya dibuat sedemikian rupa agar letak tombol yang sering digunakan terpisah, supaya tidak mengganggu proses tombol lain.

                  Walaupun begitu, mash banyak kekurangan yang ada. Misal saja tata letak huruf "a" yang biasa digunakan berada pada posisi jari klingking kiri yang lemah, sehingga mempercepat kelelahan.

2. Keyboard Maltron


Keyboard Maltron
xahlee.info
                   Maltron yaitu keyboard berbentuk cekung ke dalam yang membuat nyaman penggunanya. Itu dikarenakan posisi jari tidak akan berada pada satu garis lurus dan tidak menybabkan RSI (Repetitive Stress Injures). Maltron mampu mengoptimalkan penggunaan 10 jari sekaligus menambah kecepatan pengetikan. Hal itu disebabkan desain yang mengikuti pola tangan.

3. Keyboard Dvorak


Keyboard Dvorak
www.dvorak-keyboard.com
                  Pada tahun 1932 Dvorak diciptakan untuk pertama kalinya. Dvorak dirancang agar tumpuan penggunaan lebih banyak berada di tangan kanan. Itu sangat membantu kinerja pengetikan 10-15% lebih baik dibanding Qwerty.

4. Keyboard Chord



Keyboard Chord
yusriel.wordpress.com
                 Chord merupakan keyboard yang hanya memiliki 5 sampai 6 tombol saja. Untuk membentuk suatu angka harus menekan kombinasi tombol secara bersamaan. Keyboard satu ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi portable. Dikarenakan cepat melelahkan tangan, Chord kurang populer tetapi sangat cepat untuk transfer datanya.

5. Keyboard Klockenberg



Keyboard Klockenberg
gossipmanis.blogspot.com
                 Klockenberg dibuat sebagai penyempurnaan keyboard yang sudah ada dengan memisahkan bagian kanan dan kiri. Di mana dengan sudut 15 derajat dan mring ke bawah. Beban ototpun lebih ringan jika memakai Klockenberg. Karena tombolnya dibuat tipis dan dekat meja kerja sehingga nyaman. Namun Klockenberg sangat memakan ruang.

6. Keyboard Numeric


Keyboard Numeric
uniquesciences.wordpress.com
                   Karena permintaan pengguna, maka diciptakan keyboard numeric. Hal tersebut dikarenakan orang lebih suka jika dapat menjangkau tombol numeric dengan mudah. Apalagi jika ingin memasukkan angka dengan jumlah yang besar.

7. Keyboard Stenotype


Keyboard Stenotype
galleryhip.com
                   Seno merupakan alat pengetikan tulisan nama seseorang. Keyboard yang satu ini cocok untuk wartawan mencatat hasil wawancara mereka.

8. Keyboard Alphabetic



Keyboard Alphabetic
budinobipermana.blogspot.com
                Alphabetic tersusun seperti keyboard Dvorak maupun Qwerty, namun hurufnya berurutan abjad. Hal tersebut dikarenaekan untuk menyesuaikan diri dengan anak-anak yang baru mengenal abjad.

                Itu hanya sebagaian jenis keyboard yang sudah terkenal. Dan mungkin masih banak lagi keyboard yang belum dikenal banyak orang.

0 Response to "Aneka Ragam Keyboard Komputer"

Posting Komentar