Macam-Macam Jaringan Komputer Yang Terhangat

                    Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dari jaringan di komputer, sekarang kita akan mempelajari tentang macam jaringan dari sebuah komputer. Teknologi sekarang yang semakin berkembang, juga ikut mengembangkan macam jaringan yang ada dalam komputer.

Macam-Macam Jaringan Komputer Yang Terhangat
silvianaput.wordpress.com
Macam-macam jaringan komputer :

1. PAN (Personal Area Network)

                    PAN merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat dengan jarak antara 3 sampai 6 meter. PAN jarang dikenal orang dikarenakan istilahnya kurang disebut orang. Biasanya orang menyebut dengan istilah lain yang termasuk PAN, misal thethering. Yang biasa digunakan sebagai penghubung komputer dengan gadget, komputer dan tablet, ataupun perangkat lainnya.

2. SAN (Storage Area Network)

                    SAN sendiri adalah sebuah jaringan penghubung antara server dengan data yang ada di penyimpanan atau dengan media penyimpanan. SAN juga termasuk kurang dikenal untuk penyebutannya. Dikarenakan lingkupnya yang sangat sempit.

3. LAN (Local Area Network)

                    LAN merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat yang berada dalam satu lingkup atau ruangan. Pengubung jaringan tipe ini menggunakan kabel UTP yang batas panjangnya adalah 100 meter. Apabila jarak antar komputer agak jauh bisa disambungkan dengan switch/hub. Sering digunakan di perkantoran, perumahan, sekolahan dan lain sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

                    MAN merupakan jaringan yang terhubung dalam satu lingkup kota. Yang dapat menghubungkan antara toko, perusahaan, kantor yang tidak terlalu jauh atau berada dalam satu kota. Itulah mengapa disebut Metropolitan.

5. WAN (Wide Area Network)

                   WAN merupakan jaringan yang jangkauannya lebih luas daripada LAN dan WAN. Dan menghubungkan berbagai jaringan antarkota atau negara. Tipe dari jaringan seperti WAN memanfaatkan alat router.

6. Wireless

                   Wireless merupakan jaringan yang menggunakan media nirkabel. Seperti halnya WAN,  wireless menggunakan media yang disebut router. Jaringan wireless biasa menggunakan tower untuk tempat menaruh perangkat penghubungnya. Antara WAN dan wireless memang terlihat sama, tetapi hanya berbeda pada areanya saja. Jika WAN tergantung area, wireless tidak tergantung area, bisa sempit maupun luas.

7. Internet

                    Internet merupakan jaringan yang disebut dengan menglobal. Yang artinya menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia. Dan sangat memungkinkan saling berbagi diantara mereka. Jenis inilah yang biasa kita gunakan untuk browsing.

0 Response to "Macam-Macam Jaringan Komputer Yang Terhangat"

Posting Komentar