Pentingnya Mengetahui Hardware Komputer

                    Jika kita berhadapan dengan komputer, pasti akan menjumpai yang namanya Hardware. Dan taukah kalian apa itu Hardware ? Hardware (perangkat keras) komputer adalah sebuah perangkat dari komputer yang bisa dilihat secara langsung sekaligus bisa diraba yang fungsinya mendukung seluruh kinerja komputer. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah-perintah yang diberikan oleh komputer pengguna. Terhubungnya Hardware dengan komputer (bisa disebut kesatuan sistem operasi) bisa dilakukan dengan dijembatani oleh driver komputer.


Pentingnya Mengetahui Hardware Komputer
hardwarekomputer.net
                  Secara fisik, komputer terdiri dari berbagai perangkat-perangkat yang membentuk sistem. Yang dimana sistem harus didukung oleh seluruh perangkat yang ada agar bekerja optimal. Apabila ada salah satu perangkat yang tidak ada, akan membuat komputer kinerjanya tidak sempurna. Bahkan bisa saja komputer tidak dapat digunakan atau menghambat kinerja perangkat lain.

Menurut fungsinya, Hardware (perangkat keras) komputer dibagi menjadi 5, yaitu :

1. Input Device (perangkat masukan)


Input device
nestafa.wordpress.com
                    Perangkat ini berfungsi sebagai media yang bertujuan memasukkan data ke dalam memori komputer agar mendapatkan informasi tertentu untuk diolah. Data yang dimasukkan berupa signal input dan maintenance input. Signal berbentuk data yang dimasukkan. Sedangkan Maintenance berbentuk program yang dimasukkan untuk mengolah data. Perangkat keras yang biasa kita temui salah satunya keyboard. Keyboard digunakan untuk memasukkan data berupa angka, huruf, karakter untuk mendukung suatu pekerjaan. Serta dapat digunakan sebagai kombinasi dalam melakukan perintah tertentu, seperti Copy (Ctrl + C), Paste (Ctrl + V), dan perintah yang lain.

Berdasarkan sifatnya, Input dibedakan menjadi :

- Perangkat input langsung, yaitu masukan yang langsung diproses oleh alat pemroses. Misal. Keyboard, Mouse, Joystick, Scanner, dan lainnya.

- Perangkat input tidak langsung, yaitu masukan yang tidak langsung diproses oleh alat pemroses, tetapi lewat sebuah media. Misal. Hardisk, Disket, CD-R, dan lainnya.

2. Process Device (perangkat pemroses)


Process device
techreport.com
                    Perangkat ini berfungsi sebagai alat pengolah data. Data yang dimasukkan akan langsung diproses agar bisa diakses dengan baik. Salah satu perangkat pemroses adalah CPU (Central Processing Unit). CPU adalah otak dari komputer yang berfungsi untuk mengolah data menjadi suatu informasi. Perangkat pemroses lainnya yaitu, Motherboard, RAM, Power Supply, Kartu Grafis dan lainnya.

3. Output Device (perangkat keluaran)


Output device
www.pcworld.com
                    Perangkat ini berfungsi sebagai alat untuk menghaslkan keluaran berupa visual, suara cetak dan lain sebagainya. Salah satunya adalah Printer. Printer adalah alat yang terpasang dengan komputer untuk digunakan mencetak data tulisan maupun data dalam media kertas atau media yang sejenis. Ada tiga macam jenis printer yang ada, yaitu Dot Metrix, Ink Jet, dan Laser Jet. Perangkat keluaran lainnya yaitu, Monitor, Speaker, Proyektor dan lainnya.

4. Storage Device (perangkat penyimpanan)


Storage device
dunovteck.wordpress.com
                    Perangkat ini berfungsi sebagai media untuk menyimpan berbagai file yang kita miliki. Harddisk adalah salah satu media penyimpanan yang sudah kita kenal. Harddisk digunakan menjadi penyimpanan internal untuk komputer karena ukurannya yang besar. Perangkat penyimpanan lainya yaitu CD-ROM, Floppy Disk, Flash Disk dan lainnya.


Periferal
modem-usbku.blogspot.com
5. Periferal (perangkat tambahan)

                    Perangkat tambahan digunakan untuk menyempurnakan kinerja dari komputer. Walaupun hanya tambahan, tetapi banyak memberikan manfaat kepada kita. Perangkat tambahan diantaranya, Modem, Soundcard, Port Eksternal  dan lain sebagainya.


                    Tadi adalah sebagian ilmu tentang dunia komputer yang bisa saya sampaikan. Saya berharap ada kritik dan saran dari pembaca. Dan jangan lupa like, share dan join dengan blog saya.

0 Response to "Pentingnya Mengetahui Hardware Komputer"

Posting Komentar