Apa Itu Brainware Komputer ?

                    Brainware ? Mungkin kebanyakan orang asing dengan istilah ini. Kalau diartikan secara biasa artinya perangkat otak. Aneh ya. Tapi Brainware sangat lekat dengan dunia komputer. Bisa dibilang hal penting yang harus ada dalam sistem komputer. Dari pada kita bingung dengan istilah tersebut, saya akan sedikit mengulas tentang Brainware Komputer.

                   Brainware komputer ialah orang yang terlibat secara langsung dalam segala kegiatan penggunaan, pengoperasian maupun perencanaan komputer. Selain itu juga diartikan sebagai orang yangg mengatur sistem komputer. Sehebat apapun Hardware ataupun Software komputer, tidak akan bekerja tanpa adanya unsur Brainware. Jadi tiga unsur tadi adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.


Apa Itu Brainware Komputer ?
blog.ub.ac.id
Adapun jenis-jenis dari Brainware adalah sebagai berikut :

1. System Analyst

                   System analyst adalah orang yang bertanggung jawab mepelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu sistem komputer. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang System Analyst terbilang banyak dan lengkap. Diantaranya berbagai bahasa pemrograman, server, sistem operasi, software, hardware dan beragai pengetahuan penting lainnya. Bisa dibilang System analyst adalah Brainware yang paling tinggi tingkatannya.


2. Programmer

                    Programmer adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang bahasa pemrograman untuk membuat dan mengatur segala rencana program yang mendukung komputerisasi. Menjadi programmer sangat menjanjikan karena banyak hal atau program yang saat ini belum diciptakan dan berpeluang untuk diciptakan.


3. Administrator

                    Administrator adalah seseorang yang bertugas untuk mengelola dan menjaga seluruh sistem yang ada di komputer. Administrator juga orang yang memberi hak akses untuk seluruh pengguna komputer agar mengakses data yang boleh diakses.


4. Teknisi

                    Teknisi adalah seseorang yang bertugas untuk merawat, menjaga dan memperbaiki kinerja dari komputer yang digunakan. Bisa dibilang teknisi membutuhkan banyak tenaga karena harus berkutat langsung untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan bagian dari komputerisasi, apalagi jika harus memanjat tower.


5. Operator

                    Operator adalah orang yang bertugas untuk mengoperasikan sebuah program di komputer agar dapt bekerja maksimal. User juga termasuk operator, karena juga menjalankan komputer yang disediakan.


                    Masuk dalam Brainware manakah kalian ? Mungkinkah programmer ataukah operator ? Jangan lupa untuk komen dan kasih kritik serta saran. Like, share and join dengan blog saya.

0 Response to "Apa Itu Brainware Komputer ?"

Posting Komentar