Variasi Mouse Yang Bermacam-Macam

                    Klik ! Klik ! dan Klik ! Itulah suara yang kita sering dengar dari sebuah jenis alat. Ya, namanya yaitu Mouse. Ketika kita berkecimpung dalam dunia komputer atau paling tidak menggunakan komputer, pasti akan berjumpa dengan mouse. Sekarang mouse menjadi hal yang wajib ada di komputer. Tapi apakah kalian tahu ada apa saja macam-macam mouse itu ? Kalau sudah tahu ya syukurlah. Namun jika ada yang belum jangan bersedih, karena sekarang saya akan berbagi tentang macam mouse.

                   Alangkah baiknya sebelum kita lebih dalam membicarakan tentang berbagai macam mouse, kita harus tahu dulu arti sebuah mouse. Dalam sistem bahasa Inggris, tikus adalah artinya. Sedangkan dalam ilmu komputer, arti mouse adalah sebuah alat untuk menggerakan pointer komputer dengan menggunakan alat sensor yang dilengkapi dengan dua tombol dan scroll. Untuk fungsi dari tombol-tombol tersebut adalah sebagai berikut :

- Klik Kiri     : Untuk memilih menu atau file dengan satu klik. Dan dua klik untuk membuka file atau program.

- Klik Kanan : Berguna memilih options dari sebuah file, program ataupun windows itu sendiri.

- Scoll            : Untuk menaik turunkan scroll, mendrag, untuk zoom in dan zoom out.

                    Mouse biasanya digunakan pada sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface). Karena yang berbasis teks hanya menggunakan keyboard saja.

Macam-macam mouse berdasarkan bentuk fisiknya ada 2 macam, antara lain :

1. Mouse Optic


Mouse Optic
techexplainer.wordpress.com
                  Mouse optic adalah mouse yang mempunyai alat penggerak kursor berupa sensor optic dibawahnya. Sensor ini biasanya warnanya merah. Mouse tipe seperti ini banyak digunakan saat sekarang.

2. Mouse Track Ball


Mouse Track Ball
www.ergocube.com
                    Mouse track ball adalah mouse yang mempunyai alat penggerak berupa bola seperti kelereng. Penggunaannya dengan cara diputar-putar bolanya ke arah yang kita inginkan. Dikarenakan mudah terserang debu dan akhirnya kotor, trackball jarang digunakan. Lagipula sekarang ini sudah bermunculan mouse yang lebih canggih.

Macam-macam mouse berdasarkan jenis portnya ada 4, yaitu :

1.  Mouse Serial



Mouse Serial
www.retropix.com.br
                    Mouse serial adalah mouse yang konektornya menggunakan port serial. Yang digunakan pada komputer jenis pentium 1 sampai 3 dan AT. Disebabkan komputer tersebut bisa dibilang hampir mendekati punah, jadi untuk penggunaan mouse yang diatas sudah jarang.

2. Mouse PS/2


Mouse PS/2
www.patartambunan.com


                  Mouse PS/2 adalah mouse yang menggunakan port PS/2 yang menjadi konektornya. Port yang ini biasanya berwarna hijau karena untuk membedakan dengan port dari keyboard. Mouse tipe ini masih banyak penggunaannya pada komputer ATX yang masih diproduksi.

3. Mouse USB



Mouse USB
the-gadgeteer.com
                 Mouse USB adalah mouse yang menggunakan port USB sebagai penghubungnya. Mouse jenis ini sangat cocok digunakan di zaman maju sekarang ini yang sebagian besar menggunakan USB. Kecepatan transfer data dari USB-pun cepat dan membuat kinerja mouse menjadi lebih baik.

4. Mouse Wireless


Mouse Wireless
www.1sale.com


                Mouse wireless adalah mouse yang juga menggunakan USB sebagai portnya, tapi kabel bukan medianya. Mouse yang satu ini memakai nirkabel sebagai penghantarnya.

                  Semoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan jangan lupa untuk join dengan blog saya.

0 Response to "Variasi Mouse Yang Bermacam-Macam"

Posting Komentar