cara paling efektif menghemat baterai ponsel android

Cara paling efektif menghemat baterai android- Sejak pertama kali google meluncurkan operasi sistem android memang semakin hari semakin meningkat. Ini karena sistem operasi Android memiliki performa yang bagus dan mudah sekali penggunaanya (user friendly). Sistem operasi android juga telah digunakan sebagai platform bagi vendor vendor besar produsen smartphone dan gadget dunia seperti samsung, lenovo, sony, dan lain-lain. Sistem operasi android memiliki keistimewaan dapat mengunduh berbagai aplikasi untuk keseharian baik yang gratis maupun yang premium(berbayar). 
Cara paling efektif menghemat baterai android
Baterai cepat boros

Dengan adanya aplikasi aplikasi tersebut mampu mningkatkan dan mengoptimalkan kerja sebuah smartphone. Pada aplikasi yang terhubung dengan internet pengguna dapat melakukan update untuk lebih memudahkan penggunaan. Untuk menopang berbagai aplikasi aplikasi dalam sebuah smartphone membutuhkan baterai. Pada kesempatan kali ini Healty ID akan membagikan sebuah tutorial unik yaitu tentang cara paling efektif dan jitu untuk menghemat baterai smartphone android kamu. Diharapkan android kamu bisa lebih lama hidup.



Cara menghemat baterai android 

Sebelum kita membahas tentang cara efektif untuk menghemat baterai android. Kita pun harus mengetahui apasih penyebab dari baterai yang cepat habis. Salah satu contohnya adalah ketika anda menggunakan sebuah aplikasi yang terhubung dengan internet untuk menerima notifikasi ataupun hanya sekedar mengupdate ketika kamu menggunakannya. Meskipun kita jarang menggunakannya aplikasi tersebut akan membuat baterai android kamu cepat habis ini dikarenakan selalu terkoneksi dengan internet.



Apakah masalah ini juga menjadi masalah bagi kamu? Berikut Healty ID akan memberikan cara agar baterai android kamu menjadi lebih hemat. Yuk kita simak cara menghemat baterai android yang pertama


Mengatur tingkat kecerahan layar

kecerahan layar pada android juga mempengaruhi efektifitas penggunaan baterai. Kita bayangkan saja menggunakan tingkat kecerahan yang tinggi akan membutuhkan daya baterai yang besar juga karena akan membuat layar sangat terang. Untuk itulah jika anda membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama anda dapat mengubah kecerahan layar android anda menjadi tidak terlalau terang. Lalu untuk memperlama waktu stand by android, kamu bisa merubah tampilan ke mode redup agar penggunaan daya baterainya tidak terlalu besar.

Merubah koneksi

Selanjutnya adalah dengan merubah koneksi. Dengan tidak stabilnya pencaran sinyal data 3G dari smartphone akan membuat android kamu harus terus mencari pancaran sinyal yang terbaik dimana pun kamu mengaktifkannya. Oleh karena itu untuk menghemat penggunaan daya baterai android sebaiknya ketika kamu sedang berada pada area HotSpot sangat disarankan untuk mematikan akses data seluler terlebih dahulu lalu menyabungkan android dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Sekarang ini sudah banyak kok tempat tempat yang menyediakan jaringan Wi-Fi seperti disekolah, kantor, rumah, pusat perbelanjaan, ataupun SPBU.

Mematikan GPS

Cara selanjutnya adalah masalah pada GPS. Fasilitas ini memang sangat bergunak sekali untuk menentukan arah ketika kamu dalam sebuah perjalanan jauh. Tetapi tetap saja memiliki sebuah minus yaitu penggunaan daya yang sangat boros dan mengurangi secara drastis daya baterai android kamu. Lalu untuk menghemat penggunaan baterai android kamu dapat mematikan fitur GPS saat kamu tidak dalam perjalanan jauh. Banyak sekali memang yang lupa mematikan GPS pada android yang kemudian berdampak pada borosnya penggunaan baterai.

Menginstal aplikasi penghemat baterai


Selain menghemat penggunaan baterai android dengan mengubah pengaturan dalam ponsel, kamu juga dapat mengunduh dan menginstall aplikasi penghemat baterai android. Salah satunya anda dapat menggunakan aplikasi DU Battery
Saver. Pada aplikasi ini ada beberapa pre-set dan modus pilihan dalam penggunaanya sehingga baterai anda tidak cepat habis.
Untuk saat ini itu dahu tips cara menghemat penggunaan baterai dari tim Healty ID. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari cara menghemat baterai android agar tidak boros.
Semoga bermanfaat
Terima kasih sudah membaca
Baca Juga cara mengatasi android yang hang 

1 Response to "cara paling efektif menghemat baterai ponsel android"