Cara Mengatasi SDCard Penuh / Full

Cara Mengatasi SDCard Penuh / Full

Mengatasi Memori Penuh

  • Hapus cache, cache adalah Suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan diakses, akses akan menjadi lebih cepat. sama seperti pada komputer, Android juga memiliki cache, jika dalam waktu yang lama kita tidak menghapus cache, maka akan menumpuk sehingga menyebabkan memori penuh. Untuk menghapus cache kalian bisa menggunakan Cache Cleaner  
  • Hapus file tidak penting, untuk mengetahui file yang tidak penting di ponsel kalian, kalian bisa menggunakan Memory Map, dengan aplikasi ini kalian bisa melihat mana saja file file yang berkapasitas besar yang banyak memakan memory kalian.
  • Hapus folder "lost.dir", folder ini juga bisa dikategorikan sampah, jika kalian menghapus folder ini memori kalian akan semakin lega. Untuk menghapus folder ini, kalian masuk ke setting>storage>misc, hapus folder "lost.dir", kalian juga bisa menhapusnya melalui PC/laptop, kalian tinggal memasukkan memori ke PC/laptop, lalu hapus folder "lost.dir"
  • Pindah aplikasi ke SDcard, jika ke tiga cara di atas sudah kalian lakukan, tetapi memori kalian tetap penuh, pindahkan aplikasi dan game kalian yang berkapasitas besar ke SDcard, kalian bisa menggunakan App2sd, sebelum menggunakan aplikasi ini, partisi dulu SDcard kalian.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Jangan lupa bagikan artikel ini yah. 

1 Response to "Cara Mengatasi SDCard Penuh / Full"