Berbagai Tipe Menarik Sistem Operasi Pewarna Dunia

                    Minggu lalu kita telah membahas sedikit mengenai pengertian sistem operasi. Untuk saat ini kita akan melanjutkan pembahasan kita pada macam-macam Sistem Operasi. Yang di mana sistem operasi di dunia berkembang pesat, membuat berbagai macam sistem operasi komputer maupun handphone bermunculan. Penting bagi kita untuk mengetahui hal tersebut agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Macam-macam Sistem Operasi Komputer :

1. Unix

Unix
pixgood.com
                    Unix merupakan sistem operasi yang paling pertama diciptakan di dunia oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie dan dikembangkan AT&T Bell Labs. Unix adalah induk dari sistem operasi Linux. Unix merupakan sistem operasi yang portable, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem operasi ini dapat dimodifikasi dan dikembangkan, sehingga berkembang menjadi Linux sperti tadi.

2. Free BSD

Free BSD
www.muylinux.com
                    Free BSD adalah sistem operasi turunan dari Unix AT&T yang dibuat oleh Greenman pada tahun 1993. Free BSD dapat berjalan pada intel x86. Tujuan dari dibuatnya Free BSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan oleh pengguna yang berkepentingan.

3. Linux


Linux
blog.ub.ac.id
                  Linux merupakan pengembangan dari salah satu varian Unix yaitu Minix. Nama Linux sendiri diambil dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds. Linux dibuat pada tahun 1991 di Universitas Linus Torvads. Pada tahun 1993, Linux pertama kali diperkenalkan oeh Richard Stallman. Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source atau terbuka. Artinya Linux dapat dimodifikasi, digunakan maupun diproduksi oeh siapapun. Pembagian varian Linux dikenal dengan nama Distro Linux. Diantaranya Red Hat, Debian, Ubuntu dan lainnya.

4. Mac OS

Mac OS
piximggif.com
                    Mac OS merupakan salah satu sistem operasi hasil pengembangan dari Unix. Mac OS diproduksi oleh Apple Computer. Singkatan dari Mac OS sendiri adalah Macintosh Operating System. Mac OS hanya bisa digunakan pada komputer Macintosh dan tidak kompatible dengan komputer IBM. Terdapat dua jenis Mac OS yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X.

5. Windows

Windows
imgkid.com
                    Windows adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling populer. Dikarenakan hampir semua Aplikasi maupun game dapat digunakan pada Windows, kecuali aplikasi dan game bawaan sistem operasi lain. Untuk mendapatkan Winndows harus memiliki lisensi, sebab produk ini bersifat komersial. Jenis-jenis Windows ada berbagai macam, diantaranya Win XP, Win Vista, Win 7 dan lain sebagainya.

6. DOS

DOS
dos-commander.deviantart.com
                   DOS merupakan cikal bakal dari sistm operasi saat ini yaitu Windows. Ciri-ciri dari DOS adalah tampilannya yang hitam putih dan berbasis teks.

7. Solaris

Solaris
commons.wikimedia.org
                    Solaris juga salah satu pengembangan Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992. Solaris terkenal berkat kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Prosessor Architecture). Solaris merupakan sistem operasi open source dan dikenal dengan OpenSolaris.

8. Chrome OS

Chrome OS
imgarcade.com
                    Chrome OS merupakan ciptaan dari Google dan berbasis Linux. Sistem ini dapat dijalankan pada komputer yang sudah dirancang khusus. Chrome OS dirilis pertama kali pada pertengahan 2010. Sistem operasi dikhususkan untuk para pengguna komputer yang hobi atau terbiasa browsing di internet.

0 Response to "Berbagai Tipe Menarik Sistem Operasi Pewarna Dunia"

Posting Komentar